Ini 3 Fakta Mencengangkan Tentang Rumbia

1.1 Pasar Rumbia Zaman Now

Serbarumbia - Pada dasarnya sebuah Kecamatan kecil yang berada diKabupaten tidak banyak orang tahu keberadaanya, banyak orang lebih mengetahui daerah perkotaan atau ibu kota kabupaten disetiap daerah. Tapi tahukah kalian? bahwa pedesaan yang berada di Kecamatan lebih nyaman dan lebih tentram. Kenapa gitu? mari kita ulas bersama.

Kami ambil contoh dari Kecamatan Rumbia yang berada diKabupaten Lampung tengah Provinsi Lampung, daerah ini belum banyak orang tahu, bahkan lebih mirisnya lagi ada yang bertanya "Rumbia tuh mananya Seputih Banyak" ada juga "Rumbia itu mananya Gaya Baru". Padahal Rumbia ditengah-tengah antara Seputih Banyak dan Gaya Baru..hmmm

Lanjut, dari Rumbia banyak hal yang bisa buat kita tersanjung, apa aja itu???

1. Rumbia Punya Anak
yaa... Rumbia punya anak, namanya Putra Rumbia. Putra Rumbia adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung TengahLampung yang terbentuk ditahun 2006,  dengan penduduk sejumlah 18.131 jiwa, serta memiliki 10 kampung.

2. Di Rumbia Tidak Ada Pohon Rumbia
Hampir punah atau bahkan sudah tidak ada lagi pohon Rumbia di Kecamatan ini, Padahal Rumbia diambil dari nama pohon tersebut. Rumbia atau disebut juga (pohon) sagu adalah nama sejenis palma penghasil tepung sagu. Nama-nama lainnya di berbagai daerah di Sumatra dan Sulawesi adalah rumbieu, rembie, rembi, rembiau, rambia, hambia, humbia, lumbia, rombia, rumpia. Di Maluku dikenal sebagai ripia, lipia, lepia, lapia, lapaia, hula atau huda. Di Jawa, ambulung, bulung, (am)bulu, tembulu (Jw.), bhulung (Md.), dan ki ray(Sd.). Dalam aneka bahasa asing dikenal sebagai sagu (Vietnam), sakhu (Thailand), sa:khu’u (Laos), dan Sago Palm (Ingg.). Sementara nama ilmiahnya adalah Metroxylon sagu.

3. Rumbia Satu Satunya Kecamatan Yang Berawalan Huruf "R"
Kita lihat dari 28 Kecamatan yang berada diLampung Tengah, Hanya Kecamatan Rumbia yang berawalan huruf "R".

Fakta-Fakta selanjutnya akan disampaikan dipsotingannya selanjutnya, terimakasih sudah membaca postingan tidak berfaedah ini hehe

4 Komentar untuk "Ini 3 Fakta Mencengangkan Tentang Rumbia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel