5 Fakta Kekinian Pramuka

1.     Indonesia memiliki peserta Kepanduan terbanyak di Dunia

Indonesia adalah negara dengan jumlah peserta organisasi kepanduan terbanyak di dunia. Anggota Pramuka Indonesia pada tahun 2010 mencapai angka 17 juta, atau sekitar 7,2% dari total peserta kegiatan kepanduan di dunia. Negara dengan peserta Pramuka terbanyak kedua adalah USA dengan jumlah peserta 7,5 juta dan India dengan jumlah peserta 4 juta.

2.     Film tentang Pramuka

Film yang menceritakan tentang Pramuka di antaranya adalah :
Luar Negeri : Up dari Pixar, sebuah film animasi yang inspiratif dengan tokoh utama seorang anak laki-laki yang merupakan anggota kepanduan dengan semangat yang sangat tinggi.
Dalam Negeri :  Film 5 Elang yang disutradarai Rudi Soedjarwomenceritakan petualangan 5 anak saat mengikuti perkemahan pramuka bisa menjadi film hiburan keluarga sekaligus menanamkan nilai-nilai positif dari kegiatan pramuka.

3.     Pramuka adalah organisasi yang bisa diikuti oleh anak-anak

Di usia 7 tahun seorang anak bisa jadi Pramuka. Usia 7-10 Tahun disebut Pramuka Siaga. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

4.     Bapak Pramuka Dunia ada di Indonesia

Kenapa bisa gitu? Bukannya Robert Baden Powell  tuh berasal dari Inggris ya.
Ya bukanlah, Robert Baden Powell adalah bapak ‘Kepanduan Dunia’ berhubung Pramuka hanya ada di Indonesia jadi bapak Pramuka dunia adalah Sri Sultan Hamengkubuwana IX.

5.     Di Pramuka tidak ada yang menjadi tua

kenapa dipramuka tidak ada anggota yang menjadi tua? Walaupun umur sudah lansia tetap saja dipramuka tidak menjadi tua. Karena dipramuka sudah tua masih saja dipanggil “KAKAK”. Yaps itulah yang membuat anggota pramuka tetap muda dari segi semangat ataupun panggilan.

Gimana fakta yang saya tulis kak?
Kekinian banget kan..makannya jangan malu kalian ikut pramuka dong…..
dan seperti biasa SALAM PRAMUKA




Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Kekinian Pramuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel